Saturday 14 September 2013

Karnaval, Satu Kreasi Memeriahkan HUT RI


BLITAR- Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Blitar berlangsung dengan meriah. Salah satunya dengan diadakan karnaval pada tanggal 10 September 2013. Karnaval tersebut diikuti oleh berbagai golongan, mulai dari golongan siswa, mahasiswa, dan umum. Pada golongan siswa, diikuti oleh tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-Kota Blitar. Karnaval tersebut dimulai pukul 14.00 WIB dengan start di Kantor Wali Kota dan finish di PIPP.
Karnaval tahun ini bertemakan budaya, dimana setiap regu karnaval menampilkan berbagai budaya dari seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Contohnya: bermacam-macam model pakaian adat, pemutaran musik tradisi dan islami, rampak kendang, meriam bambu, hingga budaya yang mengandung unsur kebudayaan yaitu menampilkan patung ogoh-ogoh.
Dalam karnaval tersebut nampak antusiasme penonton yang penuh sesak membanjiri jalan yang dijadikan rute. Hal itu menunjukkan tingginya semangat kemerdekaan yang mereka miliki. Udara yang cukup panas tidak menyurutkan dalam niat penonton untuk ikut memeriahkan HUT RI tahun ini. Tak ketinggalan para pedagang yang memanjakan penonton dengan barang dagangannya, serta tukang parkir yang memudahkan penonton untuk menjaga kendaraannya saat karnaval berlangsung.
Namun dibalik kemeriahan yang tercipta, masih banyak keluhan yang terdengar dari masyarakat. Contohnya pernyataan dari seorang remaja putri, Qoiru Mudarifa(22) yang saat itu menonton, “Karnaval tahun ini bagus karena mengankat unsur budaya sehingga terasa sekali suasana Bhineka Tunggal Ika. Tapi sayang penataan penonton yang kurang teratur membuat penonton terlalu merapat di jalan sehingga hanya tersisa sedikit ruang untuk peserta karnaval yang lewat.”

Selain kesadaran diri yang kurang dari penonton, hal tersebut juga kurangnya pengawasan petugas kepolisian yang berjaga. “Dan juga banyak pedagang asongan yang berkeliling sehingga menghalangi pemandangan,” ujarnya lagi. Hari yang semakin sore diiringi dengan keadaan yang semakin semrawut. Hingga puncaknya seorang siswa dari SMP Negeri 4 Blitar pingsan di Jl. TGP. Penyelenggaraan karnaval yang sudah dilakukan dengan baik tetap saja diwarnai dengan berbagai hal yang bersifat negatif. Harapan penonton semoga karnaval tahun depan bisa berlangsung dengan lebih baik, dengan penataan penonton dan pedagang yang lebih teratur demi kenyamanan bersama.

oleh: Sistina

Artikel yang terkait:

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2014 ARTEKBA.

Designed by Template | MyBlogger